R/C Tech Forums - View Single Post - TAMIYA INDONESIA CHAMPIONSHIP - SERIES 2011
Old 02-20-2011, 10:48 PM
  #2  
Keyence
Tech Apprentice
 
Join Date: Dec 2001
Posts: 74
Default REVISI

Sorry teman2 ada sedikit revisi (tambahan) untuk regulasi Tamiya Indonesia Championship 2011, yakni:
- Untuk class GT, untuk tahun 2011, menggunakan motor 11.5R dan ESC Brushless bebas

- Untuk class M Chassis, chassis M06 juga diperbolehkan

Untuk lengkapnya, kami lampirkan lagi regulasi yang telah direvisi di bawah ini:



REGULASI TAMIYA INDONESIA CHAMPIONSHIP SERIES 2011
M CHASSIS, SUPER STOCK TOURING (TT-01) Formula-1 dan GT Touring


Kalender Event Tamiya M Chassis, Stock Touring dan GT Touring 2008

Seri I : 06 Maret 2011 (sirkuit SIS)
Seri II : 10 April 2011 (sirkuit SIS)
Seri III : 22 Mei 2011 (sirkuit SIS)
Seri IV: 26 Juni 2011 (sirkuit SIS)

Pada setiap seri akan diadakan 4 kelas, yakni Tamiya M Chassis, Tamiya Stock Touring, Tamiya Formula-1 dan Tamiya GT Touring

I ) Umum

1. Hanya spare parts dan hop-up parts Tamiya yang diperbolehkan.

2. Alat elektronik non Tamiya yang diperbolehkan hanya transmitter, receiver, servo dan batere, untuk class Stock Touring (yang diperbolehkan TEU101 dan TEU104 dan TIDAK diperbolehkan ada penambahan kapasitor untuk kelas Stock Touring). Untuk class M Chassis dan GT, segala merek ESC diperbolehkan.

3. Items yang disegel Panitia / Penyelenggara dengan security seal:

- ESC (Electronic Speed Controller) type Tamiya TEU 101 BK dan TEU 104 BK (untuk class Stock Touring).

dan

- Motor Tamiya Lightly Tune untuk class M-Chassis dan Stock Touring, dan Tamiya Sport Tuned untuk class Formula 1.

Semua item-item tersebut di atas, dapat dibeli secara terpisah dari Panitia dan akan disegel dengan security seal dari Panitia. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya peserta yang memodifikasi equipment tersebut yang dapat merugikan pemain lain.

Apabila ada peserta yang telah memiliki ESC TEU 101 atau TEU 104 BK namun tidak ada segel TQ R/C and Hobbies, maka agar peserta tersebut dapat tetap mengikuti Tamiya Indonesia Championship Series 2011, panitia meminta agar ESC tersebut dibawa ke toko TQ R/C and Hobbies di FX Sudirman, Lt. F3 no. 8, Jl. Jend. Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta untuk diperiksa dan diberi segel.


Mulai tahun 2011, untuk class GT, diperbolehkan menggunakan motor Brushless 11.5R yang ada di pasaran dengan emboss 11.5R dari pabrik atau marking yang jelas dari pabrik. Panitia berhak penuh menentukan apakah motor brushless 11.5R tersebut legal atau tidak. ESC untuk brushless BEBAS.

Batere dibebaskan, baik stick pack ataupun saddle, Tamiya ataupun non Tamiya, NiCd dan NiMh (6cell) ataupun LiPo (2S) diperbolehkan.

4. Penyolderan kabel dari ESC ke motor secara langsung (tanpa konektor), DIPERBOLEHKAN untuk semua kelas.

5. Para drivers bertanggung jawab penuh atas keutuhan security seal pada item-item tersebut di atas. Apabila ada seal yang terbuka maka panitia berhak mendiskualifikasi hasil heat / final tersebut. Pihak panitia tidak akan menerima alasan apapun atas kerusakan security seal tersebut.

6. Penggunaan kapasitor, tambahan alat elektronik lain dan/ atau modifikasi apapun pada ESC Tamiya, KHUSUS untuk kelas Stock Touring TIDAK diperbolehkan.

7. Handout motor Tamiya Lightly Tune dan Sport Tuned akan dibagikan oleh panitia pada saat hari pertandingan dan HARUS dikembalikan ke Panitia pada saat event hari itu berakhir. Motor akan didata kembali oleh panitia, dan apabila ternyata ada handout motor yang tidak dikembalikan kepada panitia, maka peserta tersebut diharuskan membeli handout motor lagi pada seri berikutnya dan hasil perolehan poin akan dikurangi 10 poin.

Setelah seluruh seri tahun 2011 selesai, motor baru akan diserahkan kembali ke masing-masing pemain.

8. Penambahan kapasitor pada motor Tamiya Lightly Tune, KHUSUS untuk kelas Stock Touring, TIDAK diperbolehkan

9. Semua body harus dicat. Body harus dipotong sesuai dengan garis aslinya. Pemberian lubang pada body selain daripada untuk roda, body post, antenna dan transponder tidak diperbolehkan.

10. Panitia berhak sewaktu-waktu melakukan scrut atas semua mobil peserta. Apabila perlu, panitia berhak membongkar mobil (chassis) dan bahkan armature motor. Apabila terbukti ada perubahan pada armature motor maupun timing pada motor maka panitia tidak bertanggung jawab mengganti dengan motor baru, meskipun dalam proses pemeriksaan terjadi kerusakan.

11. Panitia berhak melakukan diskualifikasi atas pelanggaran atas segala ketentuan regulasi ini. BAHKAN panitia dapat mengambil keputusan untuk mendiskualifikasi peserta atas seri tersebut (bukan keseluruhan seri), meskipun setelah final.

12. Panitia berhak merubah schedule pertandingan atau menghentikan pertandingan apabila dipandang perlu untuk alasan cuaca, keamanan atau alasan lainnya.

Format

1. Race akan diadakan dengan format 3 (tiga) Heat dan 3 (tiga) Final

2. Diambil 1 (satu) Heat terbaik (ONE BEST HEAT) untuk menentukan posisi Final; Apabila ada pemain yg memiliki hasil heat terbaik yang sama, maka akan dilihat hasil heat terbaik berikutnya di antara pemain tersebut, dst.

3. Diambil 2 (dua) Final terbaik (TWO BEST FINAL) untuk menentukan Juara; Hasil final terjelek akan dibuang dan tidak diperhitungkan sama sekali.

4. Sistem pengambilan 2 (dua) Final terbaik adalah dengan menghitung poin terlebih dahulu (posisi terbaik), kemudian apabila ada drivers yang memiliki poin yang sama, maka jumlah lap akan diperhitungkan dan seterusnya waktu dari 2 (dua) Final tersebut.

5. Setiap peserta akan mendapatkan poin dari hasil seri, yang mana poin ini akhirnya akan diperhitungkan (ditotal) untuk menentukan peserta dengan hasil total poin tertinggi dari masing-masing kelas.

6. Pengumpulan poin Tamiya Indonesia Championship Series 2011 akan dihitung dari total 3 event terbaik yang diikuti peserta tersebut dari keseluruhan 4 event (3 best out of 4 result). Contoh: poin yg diambil dari Seri I – II – IV atau I – III – IV atau II – III – IV.

NAMUN agar poin keseluruhan dapat dihitung, maka pemain HARUS mengikuti seri IV (seri penutupan). Apabila ada pemain yang memiliki poin tertinggi dari seri I - III, namun tidak mengikuti seri IV, maka poin-poin sebelumnya dianggap hangus.

Apabila ada drivers dengan poin yang sama setelah diambil 3 best out of 4 result, maka harus diambil dari KESELURUHAN seri I – IV dari drivers tersebut untuk menentukan Juara Tamiya Indonesia Championship untuk kelas tersebut.

7. Khusus untuk Tamiya Indonesia Championship Series 2011, TQ R/C and Hobbies diberi jatah oleh Tamiya Asia sebanyak 4 driver per kelas (total 16 drivers). Oleh karena itu, khusus untuk Tamiya Indonesia Championship Series 2011, TQ R/C and Hobbies akan memberikan:

- Juara I seri 2011 untuk masing-masing Stock Touring, M Chassis, Formula 1 dan GT tiket dan akomodasi hotel selama event Tamiya Asia Cup 2011, yang sedianya diadakan di Korea Selatan;

- Juara II seri 2011 untuk masing-masing Stock Touring, M Chassis, Formula 1 dan GT mendapatkan akomodasi hotel saja (tiket pesawat ditanggung masing-masing driver) untuk diberangkatkan ke event Tamiya Asia Cup 2011. (Note: penyelenggara berhak mengatur akomodasi para Juara II, oleh karenanya, apabila ada anggota keluarga dari Juara II yang ikut menghadiri event, maka anggota keluarga tersebut harus membayar akomodasinya sendiri dan tidak dapat digabungkan dengan akomodasi Juara II;

- Juara III & IV seri 2011 untuk masing-masing Stock Touring, M Chassis, Formula 1 dan GT hanya mendapatkan jatah keberangkatan ke event Tamiya Asia Cup 2011, namun tiket dan akomodasi ditanggung masing-masing driver;

Apabila ada perserta tersebut berhalangan, maka tidak dapat digantikan dengan peserta dengan poin terbanyak berikutnya.

Hadiah tiket dan/atau hotel tersebut tidak dapat diuangkan.


Peraturan specific M Chassis

1. Berat minimum M Chassis termasuk transponder adalah 1200 gram

2. Hanya chassis M03, M04, M05 dan M06 (termasuk M03M, M03L, M04, M05Pro, M06Pro) yang diperbolehkan;

3. Penggunaan wing tambahan pada M Chassis TIDAK diperbolehkan

4. Seluruh body M Chassis (merk Tamiya) dapat dipergunakan;

5. Hanya body Tamiya M Chassis yang diperbolehkan. Merk lain tidak diperbolehkan untuk kelas M Chassis.

6. Penggunaan turnbuckle pada upper arm M Chassis DIPERBOLEHKAN.

7. Hanya ban ukuran 60D atau yang lebih kecil yang diperbolehkan untuk kelas M-chassis. Contoh: BMW Roadster (M-04L) hanya diperbolehkan menggunakan ban ukuran 60D, ban ukuran 26mm tidak diperbolehkan.

8. Ban touring 24mm tidak diperbolehkan untuk kelas M Chassis.

9. Ban busa tidak diperbolehkan

10. Modifikasi chassis dengan tujuan meringankan asal tidak untuk mengubah konstruksi chassis (contoh: merubah posisi batere, suspensi, dsb.) , khusus untuk seri 2011, meskipun tidak disarankan, DIPERBOLEHKAN, dengan catatan total berat chassis siap balap seperti peraturan di atas.

11. Penggantian spur gear sama sekali TIDAK DIPERBOLEHKAN.

12. Maksimum ukuran gear yang diperbolehkan untuk M-chassis adalah 20T


Peraturan specific Stock Touring (TT01)

1. Dalam kelas Stock Touring, hanya chassis TT01 (chassis TT01E, TT01 Drift diperbolehkan) yang diperbolehkan. Chassis TA ataupun TL tidak diperbolehkan.

2. Berat minimum TT-01 berikut transponder adalah 1500 gram (dalam keadaan siap jalan, termasuk batere, motor, dan elektronik).

3. Untuk kelas Stock Touring, chassis TT-01 diperbolehkan menggunakan semua Option yang ada di pasar, merk Tamiya yang dikhususkan untuk chassis tersebut.

4. Body khusus untuk TT-01, HARUS memakai body merk Tamiya. Harus tetap body sedan yang ada di pasaran.

5. Khusus untuk TT-01, diperbolehkan menggunakan ban karet merk lain dengan lebar minimum 24mm. Ban busa TIDAK diperbolehkan.

6. Untuk chassis TT-01 TIDAK boleh dilubangi ataupun dimodifikasi dalam bentuk apapun dari bentuk aslinya.

7. Modifikasi chassis yang dapat merubah struktur, sehingga tidak menyerupai chassis TT-01 lagi (contoh: dengan mengganti beberapa bagian dengan graphite, atau bahan lainnya, dsb.) TIDAK diperbolehkan.


Peraturan specific GT Touring

1. Dalam kelas GT Touring, hanya chassis TA-01 sampai TA-05 atau TB-01 sampai TB-03 (namun hanya chassis jenis bath tub atau jenis tube yang diperbolehkan; chassis jenis woven graphite TIDAK DIPERBOLEHKAN). Contoh: TA-05MS TIDAK DIPERBOLEHKAN.

2. Berat minimum adalah 1500 gram (dalam keadaan siap jalan, termasuk batere, motor, dan elektronik).

3. Untuk kelas GT Touring diperbolehkan menggunakan semua Option yang ada di pasar, merk Tamiya yang dikhususkan untuk chassis tersebut.

4. Body HARUS memakai body merk Tamiya. Harus tetap body sedan yang ada di pasaran.

5. Diperbolehkan menggunakan ban karet merk lain dengan lebar minimum 24mm. Ban busa TIDAK diperbolehkan.

6. Segala merk ESC yang ada di pasaran dapat digunakan untuk kelas GT Touring. Pemasangan capacitor tambahan atau dioda diperbolehkan.

7. Modifikasi chassis yang dapat merubah struktur, sehingga tidak menyerupai chassis aslinya lagi TIDAK diperbolehkan.


Peraturan specific Formula 1

1. Dalam kelas Formula 1, hanya chassis F103, F201 dan F104 (termasuk F103 limited edition, F104 Pro, F104W) yang diperbolehkan;

2. Berat minimum TIDAK DIATUR.

3. Untuk kelas Formula 1 diperbolehkan menggunakan semua Option yang ada di pasar, merk Tamiya yang dikhususkan untuk chassis tersebut.

4. Body HARUS memakai body merk Tamiya. Harus tetap body Formula 1 yang ada di pasaran. Body Lola TIDAK DIPERBOLEHKAN.

5. HANYA ban karet merk Tamiya yang diperbolehkan. Namun ban merk lain tidak diperbolehkan.

6. Segala merk ESC yang ada di pasaran dapat digunakan untuk kelas Formula 1. Pemasangan capacitor tambahan atau dioda diperbolehkan.

7. Modifikasi chassis yang dapat merubah struktur, sehingga tidak menyerupai chassis aslinya lagi TIDAK diperbolehkan.

8. Motor yang digunakan untuk kelas Formula 1 adalah Tamiya Sport Tuned.


Pendaftaran

1. Pendaftaran untuk setiap seri harus diserahkan kepada penyelenggara: TQ R/C and Hobbies, FX Sudirman, Lt. F3 no. 8, Jl. Jend. Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta, paling lambat 04 (empat) hari sebelum seri tersebut dimulai. Contoh: Untuk seri 1, pendaftaran paling lambat sudah harus diterima oleh penyelenggara tanggal 04 Maret 2011 jam 20:00, dan untuk seri 2, pendaftaran paling lambat sudah harus diterima oleh penyelenggara tanggal 06 April 2011, dst.

2. Discount uang pendaftaran sebesar Rp. 25,000 (Dua puluh lima ribu rupiah) akan diberikan kepada para peserta yang mendaftarkan diri sebelum tenggat waktu, seperti di atas.

3. Biaya pendaftaran untuk setiap seri, baik M Chassis, Stock Touring, Formula 1 dan GT Touring adalah Rp. 150,000 (Seratus lima puluh ribu rupiah) untuk setiap kelasnya (belum termasuk motor Tamiya Lightly Tune, Tamiya Sport Tuned maupun ESC). Motor Tamiya Lightly Tune, batere dan ESC dapat dibeli secara terpisah.

Lain-lain

1. Apabila ada hal-hal yang belum tertuang dalam regulasi ini, maka pihak panitia berhak menentukan / mengambil keputusan pada saat event tersebut.

2. Keputusan dari panitia adalah final.

3. Apabila ada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan race untuk dilanjutkan (contoh: faktor cuaca), maka penyelenggara berhak memberhentikan race dan menentukan posisi pemenang berdasarkan hasil yang telah ada, baik dari kualifikasi ataupun dari final yang telah dilaksanakan.














FORMULIR PENDAFTARAN

TAMIYA INDONESIA CHAMPIONSHIP 2011
TAMIYA M CHASSIS, STOCK TOURING, FORMULA 1 dan GT Touring




Nama :

Personal Transponder :

Kelas yang diikuti

• M Chassis - Jenis chassis:
• Stock Touring - Jenis chassis:
• GT Touring - Jenis chassis:
• Formula 1 - Jenis chassis:


Frekuensi

Frekuensi 1 :
Frekuensi 2 :

Transponder :
Keyence is offline