Go Back  R/C Tech Forums > International Forums > Indonesia Racing
Kritik dan Saran Tentang Dunia R/C di Indonesia >

Kritik dan Saran Tentang Dunia R/C di Indonesia

Kritik dan Saran Tentang Dunia R/C di Indonesia

Reply

Old 11-04-2007, 06:57 PM
  #1  
Tech Addict
Thread Starter
 
ReVhEaD's Avatar
 
Join Date: Apr 2006
Posts: 717
Default Kritik dan Saran Tentang Dunia R/C di Indonesia

Terbuka untuk kritik dan saran untuk race-race atau pun acara-acara yg berbau R/C
ReVhEaD is offline  
Reply With Quote
Old 11-04-2007, 07:21 PM
  #2  
Tech Addict
Thread Starter
 
ReVhEaD's Avatar
 
Join Date: Apr 2006
Posts: 717
Default Race Director

Saya ada kritik dan saran mengenai jalan nya race.

Kritik:
1. Race director seharusnya yg di tunjuk oleh ARMI sehingga jalan nya pertandingan akan berjalan dengan lancar.

2. Kl pengalaman saya mengikutin race d luar negeri, driver yg jg merangkap sebagai marshal ( rotasi pembalap- marshal), mereka dengan sendirinya akan sigap dan perhatian akan tugasnya, karena kl mereka tdk melakukan nya dgn benar, makan orang lain jg akan melakukan hal yg sama terhadap mobil mereka pada waktu mobil terguling.

Kenyataan nya d Indonesia yg serba "Mewah" ini... marshal d sediakan setiap kali race... para marshal tidak melakukan tugasnya dengan benar, karena mereka tdk memiliki kepentingan, mereka terlihat malas2 an ketika mejalankan tugasnya

Saran:
1. Ada baiknya kl d buatkan buku panduan tata cara untuk race director yg belum berpengalaman, atau plg tdk d registrasi para race director dan mungkin mereka bisa ber konsultasi dengan race director yg berpengalaman seperti Mr. Francis ( race director JABAR), Mr. Adit ( race director On-road), atau pun Mr. Mosi

2. Sebelum hari H atau mungkin pagi hari pada hari H, ada baik nya para marshal d arahkan oleh race director,
ReVhEaD is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 12:55 AM
  #3  
Regional Moderator
 
daniz24's Avatar
 
Join Date: Aug 2001
Location: D-Square Racing
Posts: 3,189
Default

Masalahnya para2 pemilik trek atau penyelenggara pertandingan kurang/tidak berorganisasi dengan ARMI bos. Bisa dilihat tahun 2007 ini banyak banget balapan bentrok karena masing2 kelas ga mau kalah. Azas "suka2 gue karena gue yg punya trek maka aturan ya aturan gue" ada di bab berapa ensiklopedi IFMAR yaks

Surga RC ya sebenernya di Indo nih, marshall selalu disedian. Kalo terbalik ada marshall tenang aja jadi ga belajar supaya ga kebalik. Mati mesin diujung biarin aja suruh mekanik lari ambilin mobil, jadi ga belajar setting mesin. Orang luar balap di Indo aja kaget koq
daniz24 is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 01:46 AM
  #4  
Tech Addict
Thread Starter
 
ReVhEaD's Avatar
 
Join Date: Apr 2006
Posts: 717
Default

Originally Posted by daniz24 View Post
Masalahnya para2 pemilik trek atau penyelenggara pertandingan kurang/tidak berorganisasi dengan ARMI bos. Bisa dilihat tahun 2007 ini banyak banget balapan bentrok karena masing2 kelas ga mau kalah. Azas "suka2 gue karena gue yg punya trek maka aturan ya aturan gue" ada di bab berapa ensiklopedi IFMAR yaks

Surga RC ya sebenernya di Indo nih, marshall selalu disedian. Kalo terbalik ada marshall tenang aja jadi ga belajar supaya ga kebalik. Mati mesin diujung biarin aja suruh mekanik lari ambilin mobil, jadi ga belajar setting mesin. Orang luar balap di Indo aja kaget koq
Lah itu permasalahannya... Apa mungkin mereka yah plg tdk lebih profesional dikit lah, spt on time race, hand out jadwal, dll... Memang pemilik track berhak berlaku semau mereka, tp apa pembalap lain harus mengikuti jalannya " semau gue nya" pemilik track? Kan bisa pada complain om... Hehehe...lol

Setuju banget om kl Indonesia nih surganya RC, saya ngalamin sendiri d OZ dulu... Mulai angkat2 barang sendiri, sampai jd marshall... Terus terang saya pribadi kl d indo masih d suruh angkat2 barang sendiri dan jd marshal, maka saya jg males main RC, sama jg d bidang olah raga dan hobby lainnya om... Golf jg sama om... Apa mungkin ada org main golf tanpa caddy d indo? Sama halnya kl main RC, apa mungkin om daniz24 main dan ikut race kl tdk ada mekanik dan marshall? Lah tp kita melihat ke depannya, namanya d lengkapin fasilitasnya in bisa jd lebih cepat majunya driver jg om... Bkn semata2 akan jd " malas"... Memang sih kenyataannya banyak jg yg ga maju2... Tp yg majunya pesat jg ga sedikit kok om... Lah apakah worth it kl kita d suruh bayar biaya sewa track dan pendaftaran race tp "service" tdk memuaskan... Kan kita cari fun bos... Bkn cari susah... Hehehe... Thank you masukannya om daniz24
ReVhEaD is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 02:15 AM
  #5  
Tech Elite
 
blackred's Avatar
 
Join Date: Jan 2006
Location: Malang R C Team
Posts: 2,369
Default

mesti ada panduan juga untuk menjaga mulut driver supaya tidak "misuhi" marshall terlalu berlebihan..

karena kalo mobil terbalik yg salah sebenernya driver nya sendiri..
bener kata om danny juga..
kalo gak ada marshall dan mekanik, otomatis kita dididik untuk lebih ati2 nyetirnya dan lebih berusaha nyetting mesin dengan benar..

saya ngalamin waktu balap di bsd, waktu latihan mekanik saya ketinggalan pesawat, otomatis waktu latihan mesti ati atiiii banget, jangan sampe terbalik dan jangan sampe mobilnya rusak..
sebab kalo terbalik gak ada yg ngambilin, dan kalo rusak mesti betulin sendiri. he he he
toh akhirnya hari itu saya latihan tanpa kebalik satu kali pun, dan mobil tidak rusak sama sekali he he he
blackred is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 02:16 AM
  #6  
Tech Elite
 
blackred's Avatar
 
Join Date: Jan 2006
Location: Malang R C Team
Posts: 2,369
Default

Originally Posted by ReVhEaD View Post
Lah itu permasalahannya... Apa mungkin mereka yah plg tdk lebih profesional dikit lah, spt on time race, hand out jadwal, dll... Memang pemilik track berhak berlaku semau mereka, tp apa pembalap lain harus mengikuti jalannya " semau gue nya" pemilik track? Kan bisa pada complain om... Hehehe...lol
contohnya trek mana nih?
blackred is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 03:23 AM
  #7  
Regional Moderator
 
daniz24's Avatar
 
Join Date: Aug 2001
Location: D-Square Racing
Posts: 3,189
Default

mustinya juga ada larangan kalo tiap balap break in engine baru. *lirik2 atas gue
daniz24 is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 03:25 AM
  #8  
Tech Addict
Thread Starter
 
ReVhEaD's Avatar
 
Join Date: Apr 2006
Posts: 717
Default

Originally Posted by blackred View Post
mesti ada panduan juga untuk menjaga mulut driver supaya tidak "misuhi" marshall terlalu berlebihan..

karena kalo mobil terbalik yg salah sebenernya driver nya sendiri..
bener kata om danny juga..
kalo gak ada marshall dan mekanik, otomatis kita dididik untuk lebih ati2 nyetirnya dan lebih berusaha nyetting mesin dengan benar..

saya ngalamin waktu balap di bsd, waktu latihan mekanik saya ketinggalan pesawat, otomatis waktu latihan mesti ati atiiii banget, jangan sampe terbalik dan jangan sampe mobilnya rusak..
sebab kalo terbalik gak ada yg ngambilin, dan kalo rusak mesti betulin sendiri. he he he
toh akhirnya hari itu saya latihan tanpa kebalik satu kali pun, dan mobil tidak rusak sama sekali he he he
hahaha.... lah itu lkan " hukum alam sebab akibat", ada yg ga bener yah " bahasanya" kluar semua... lah memang kan "bahasa" itu sudah d cap sama org indonesia kl sdh masuk kamusnya org Surabaya... hidup Surabaya... hehehe

lah kl gitu coba om.... balap tanpa marshal dan mekanik.... hehehe... mau om BR? yah memang om BR sakti... nyetir nya ga kebolak balik.... lol.... apa lg kmarin... memang sakti banget... ga pernah liat om BR nyetir kaya gitu.... hahaha
ReVhEaD is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 03:26 AM
  #9  
Tech Addict
Thread Starter
 
ReVhEaD's Avatar
 
Join Date: Apr 2006
Posts: 717
Default

Originally Posted by blackred View Post
contohnya trek mana nih?
yah salah satunya memang track nya om BR... memang selalu on time, dan paling baik reputasi nya... hehehe.... jok GR loh... lol
ReVhEaD is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 05:17 AM
  #10  
Tech Elite
 
blackred's Avatar
 
Join Date: Jan 2006
Location: Malang R C Team
Posts: 2,369
Default

Originally Posted by ReVhEaD View Post
yah salah satunya memang track nya om BR... memang selalu on time, dan paling baik reputasi nya... hehehe.... jok GR loh... lol
lah kalo trek yang punya reputasi buruk contohnya?
(berani nyebut gak yah?)
blackred is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 05:18 AM
  #11  
Tech Elite
 
blackred's Avatar
 
Join Date: Jan 2006
Location: Malang R C Team
Posts: 2,369
Default

Originally Posted by daniz24 View Post
mustinya juga ada larangan kalo tiap balap break in engine baru. *lirik2 atas gue
siapa nih yg di maksud?
blackred is offline  
Reply With Quote
Old 11-05-2007, 07:02 PM
  #12  
Tech Addict
Thread Starter
 
ReVhEaD's Avatar
 
Join Date: Apr 2006
Posts: 717
Default

Originally Posted by blackred View Post
lah kalo trek yang punya reputasi buruk contohnya?
(berani nyebut gak yah?)
hehehe... biar yg lain yg menilai....
ReVhEaD is offline  
Reply With Quote
Old 11-10-2007, 01:54 AM
  #13  
Tech Adept
 
chopin's Avatar
 
Join Date: Jan 2007
Posts: 136
Default

hidup marshall !!

chopin is offline  
Reply With Quote
Old 11-10-2007, 04:10 AM
  #14  
Tech Addict
Thread Starter
 
ReVhEaD's Avatar
 
Join Date: Apr 2006
Posts: 717
Default

Originally Posted by chopin View Post
hidup marshall !!

setuju om chopin.... HIDUP MARSHALL... tanpa dirimu kita tak bisa bermain dan berkompetisi....
ReVhEaD is offline  
Reply With Quote
Old 11-11-2007, 09:10 PM
  #15  
Tech Elite
 
The Big M's Avatar
 
Join Date: Oct 2006
Posts: 2,831
Default

Kenapa tidak dicoba aja balap yg jadi marshalnya pembalapnya sendiri...pada mau nggak...? tapi nanti si marshal trek tidak dapat penghasilan dong yah...
The Big M is offline  
Reply With Quote

Thread Tools
Search this Thread

Contact Us Archive Advertising Cookie Policy Privacy Statement Terms of Service