Community
Wiki Posts
Search

EP 1/10 Touring

Thread Tools
 
Search this Thread
 
Old 12-26-2005, 07:55 PM
  #46  
Tech Elite
 
dodo's Avatar
 
Join Date: Mar 2005
Location: the archipelago
Posts: 3,095
Default

Originally Posted by Piyo Piyo
Emang diff joint paling bagus dari bahan Delrin yang putih. Tapi emang plastik Tamiya payah, cepet pecahnya.
Diff joint Yokomo plastik juga tapi ok kok. Kalo soal ring diff joint, malahan mobil gua gak pake, ribet soalnya.
gak mekar kalo lagi ngebut?
dodo is offline  
Old 12-26-2005, 07:59 PM
  #47  
Tech Elite
 
Piyo Piyo's Avatar
 
Join Date: Nov 2004
Location: Jakarta - INDONESIA
Posts: 3,051
Default

Originally Posted by dodo
gak mekar kalo lagi ngebut?
Enggak sampe segitunya lah. Selama setting diffnya bener.
Lagian emang gadis desa, pake mekar segala...
Piyo Piyo is offline  
Old 12-26-2005, 08:04 PM
  #48  
rvs
Tech Apprentice
 
Join Date: Feb 2004
Posts: 98
Default

Originally Posted by dodo
....
boleh jelasin dikit soal internal ratio? apa efeknya kalo makin kecil dan apa efeknya kalo makin gede. bukannya ini semua bisa dicompensate sama spur/pinion ratio ya, sori masih ga jelas soal ini.

Gw sih org awam bos... nggak tau deh yg maniac2 di luar..
logikanya gini :
TA05 internal : 2.25, TA04 internal 2.133
pinion (AV) : 25T
spur (AV) : 70T

final drive ratio : TA05 : 6.3, TA04 : 5.97
skrg kalo gw mau samain final ratio TA05, maka TA04 gw turunin pinion jadi yg 24T (6.2) dan gedeein spur jd 71T (kalo ada AV spur).
Nah... berdasarkan yg gw baca di artikel RC dan dari pengalama dan kata org kalo pinion dikecilin dan spur digedein, maka makin efisien kerja motor dan batere... bener nggak tuh ????

Dalam kasus ini ada catatan yaitu : berat kedua sasis dan roll-out dianggap sama lho.

Gitu juga dalam pemilihan pinion pitch (32, AV, 48, 64)
rvs is offline  
Old 12-26-2005, 08:09 PM
  #49  
Tech Elite
 
dodo's Avatar
 
Join Date: Mar 2005
Location: the archipelago
Posts: 3,095
Default

Originally Posted by rvs
Gw sih org awam bos... nggak tau deh yg maniac2 di luar..
logikanya gini :
TA05 internal : 2.25, TA04 internal 2.133
pinion (AV) : 25T
spur (AV) : 70T

final drive ratio : TA05 : 6.3, TA04 : 5.97
skrg kalo gw mau samain final ratio TA05, maka TA04 gw turunin pinion jadi yg 24T (6.2) dan gedeein spur jd 71T (kalo ada AV spur).
Nah... berdasarkan yg gw baca di artikel RC dan dari pengalama dan kata org kalo pinion dikecilin dan spur digedein, maka makin efisien kerja motor dan batere... bener nggak tuh ????

Dalam kasus ini ada catatan yaitu : berat kedua sasis dan roll-out dianggap sama lho.

Gitu juga dalam pemilihan pinion pitch (32, AV, 48, 64)
kurang tau juga deh ini, saya sih tetep masih pegang overall ratio aja. makasih jg buat info nya nanti coba cek2 lagi ah sama yang laen.

kalo mau TA05 dengan internal ratio kecil coba beli mobil OVA aja. ini mobil hybrid. detailnya ga tau gimana kayanya websitenya jg ga jelas tapi mobil ini:

suspension geometry - pro4
drivetrain - ta05
internal ratio - yokomo BD

ya udah jangan dibahas disini, jadi off topic
dodo is offline  
Old 12-26-2005, 08:14 PM
  #50  
rvs
Tech Apprentice
 
Join Date: Feb 2004
Posts: 98
Default

Originally Posted by dodo
exactly yang gua pikir juga begitu. ngapain pusingin internal ratio kalo yang diitung terakhirnya juga overall ratio hehe.
.......

Emang sih.... nggak perlu pusing, tp khan mikirin dikit boleh...

Masalahnya, gw bkn factory team driver sih.....
Jd gw kudu merawat semua alat-alat gw dgn baik... hehehehe....
rvs is offline  
Old 12-26-2005, 08:19 PM
  #51  
Tech Regular
 
Join Date: Oct 2005
Posts: 306
Default

Originally Posted by rvs
Kyknya perlu ditambah lagi,
..........Kyknya dibanding yang TA04, internal ratio makin besar.... udah gitu tempat spur dibatasin yaa space-nya... Kalo mnrt saya, ini kekurangan TA05 (any opinion... apa mungkin motor sekaran makin kenceng jadi intenal makin besar ? ).
Liat tuh Xray (bkn promosi)... internal ratio makin rendah... (sblmnya 2,175 jadi 1,75... kalo nggak salah..). Ini malah dari 2,133 (TA04) jadi 2,25 (TA05)
..........
Halo,
gw pikir alasan bikin option low internal ratio (Xray 2.125 > 1,7)

> lebih kepada konsen cari LOW CG, diameter diff pully bisa lebih kecil (37T > 34T) so posisi diff+bearing lebih rendah pasti turun sekian mm...
dan dengan dengan ratio yang sama, pasti ukuran spurnya lebih gede,

gw pikir jika overall ratio k/l sesuai spek dinamo ya sama kencengnya seh,
Faiz is offline  
Old 12-26-2005, 08:20 PM
  #52  
Tech Elite
 
Piyo Piyo's Avatar
 
Join Date: Nov 2004
Location: Jakarta - INDONESIA
Posts: 3,051
Default

Originally Posted by rvs
Gw sih org awam bos... nggak tau deh yg maniac2 di luar..
logikanya gini :
TA05 internal : 2.25, TA04 internal 2.133
pinion (AV) : 25T
spur (AV) : 70T

final drive ratio : TA05 : 6.3, TA04 : 5.97
skrg kalo gw mau samain final ratio TA05, maka TA04 gw turunin pinion jadi yg 24T (6.2) dan gedeein spur jd 71T (kalo ada AV spur).
Nah... berdasarkan yg gw baca di artikel RC dan dari pengalama dan kata org kalo pinion dikecilin dan spur digedein, maka makin efisien kerja motor dan batere... bener nggak tuh ????

Dalam kasus ini ada catatan yaitu : berat kedua sasis dan roll-out dianggap sama lho.

Gitu juga dalam pemilihan pinion pitch (32, AV, 48, 64)
Sebenernya yg dimaksud pinion dikecilin dan spur digedein artinya final ratio nya bertambah basar.
Kalo final ratio tambah besar, berarti more torque, less rpm. Battere tambah irit, karena pas di straightnya gak di siksa batterenya. Current yg diambil segitu2 aja, gak nambah.
Kalo final ratio tambah kecil, less torque, more rpm. Battere otomatis tambah boros, karena max current yang keluar di straightnya tambah besar.

Kalo efisien di motor, tergantung sama layout tracknya dan jumlah wind/turn motor. Kalo tracknya high speed (straightnya panjang), mendingan kasih ratio kecil. Kasian kan motor kalo ngeden di straight dan akhirnya jadi gosong.
Piyo Piyo is offline  
Old 12-26-2005, 08:22 PM
  #53  
Tech Regular
 
Join Date: Oct 2005
Posts: 306
Default

Originally Posted by dodo
yoi jeg, dan disini TA05 juga masih bisa nempel cyclone dengan ketat.
mgkn casis plastik TA05 yg lentur (flex.) ada + pointnya jika dipake di aspal yah,
Faiz is offline  
Old 12-26-2005, 08:24 PM
  #54  
Tech Elite
 
Join Date: Jan 2002
Posts: 3,062
Default

Originally Posted by Piyo Piyo
Diff joint Yokomo plastik juga tapi ok kok. Kalo soal ring diff joint, malahan mobil gua gak pake, ribet soalnya.
si piyo, memang belakangan ini majunya pesat banget.
rajin latihan dan main. setting dia selalu coba... betul2 hebat... salut deh...

tapi untuk, ring di diff joint/out drive..gue sama sekali gak setuju!!!
sementara ini memang gak masalah. tapi nanti sekali waktu bagian itu bisa rontok.
maen disenayan, mungkin masih ok, karena tracknya rada licin (debu dan pasir - kotor jeg) ban masih ada spinnya.. coba di tempat yang hi grip...
BerthMaster is offline  
Old 12-26-2005, 08:28 PM
  #55  
rvs
Tech Apprentice
 
Join Date: Feb 2004
Posts: 98
Default

Originally Posted by dodo
....

kalo mau TA05 dengan internal ratio kecil coba beli mobil OVA aja. ini mobil hybrid. detailnya ga tau gimana kayanya websitenya jg ga jelas tapi mobil ini:

suspension geometry - pro4
drivetrain - ta05
internal ratio - yokomo BD

ya udah jangan dibahas disini, jadi off topic
Ohh... gw juga pernah ditawarin... Kalo di Jap sih, byk.. cuman nggak tau bagus apa nggak .......

Nanti gw suruh temen coba pake diff pulley TA04 bisa apa nggak...
Lagian itu tempat center pulley kyknya terbatas.... bener nggak ? maksud gw ada penutupnya....

Trus yg mengejutkan .. belt depan & belakang panjangnya sama...
Kyknya ada teorinya deh.... nanti saya cariin... kalo pas ketemu...
rvs is offline  
Old 12-26-2005, 08:29 PM
  #56  
Tech Elite
 
dodo's Avatar
 
Join Date: Mar 2005
Location: the archipelago
Posts: 3,095
Default

Originally Posted by rvs
Emang sih.... nggak perlu pusing, tp khan mikirin dikit boleh...

Masalahnya, gw bkn factory team driver sih.....
Jd gw kudu merawat semua alat-alat gw dgn baik... hehehehe....
sama dong kita, gua juga bukan factory driver tuh , basically gua maen buat have fun ajah, dan dari pengalaman gua sekian taon maen RC yang namanya internal ratio ngga pernah nyusahin gua sih, ato mungkin belom. makanya gua ga gitu ngerti internal ratio. basically masih banyak faktor laen untuk diconsider on top of internal ratio kalo elo emang mau beli rc.

cyclone, menang JMRCA
msx, menang las vegas IIC
bd, runner up JMRCA, bisa menang kalo ga ujan
FT TC4, menang reedy race of champions
Xray T1FK05, menang apa ya ini, rasanya akhir2 ini ada satu juga tapi lupa apa.
Schumacher MI2, menang satu juga akhir2 ini, lupa juga apa.

intinya, semua punya chance, cuma tinggal down to the driver aja. kalo gua juga disuru nyetir mobilnya hara tetep aja ga bisa menang rasanya
dodo is offline  
Old 12-26-2005, 08:31 PM
  #57  
Tech Elite
 
dodo's Avatar
 
Join Date: Mar 2005
Location: the archipelago
Posts: 3,095
Default

Originally Posted by rvs
Ohh... gw juga pernah ditawarin... Kalo di Jap sih, byk.. cuman nggak tau bagus apa nggak .......

Nanti gw suruh temen coba pake diff pulley TA04 bisa apa nggak...
Lagian itu tempat center pulley kyknya terbatas.... bener nggak ? maksud gw ada penutupnya....

Trus yg mengejutkan .. belt depan & belakang panjangnya sama...
Kyknya ada teorinya deh.... nanti saya cariin... kalo pas ketemu...
kalo soal belt depan belakang panjangnya sama itu kayanya emang bukan tamiya yang mulai, kalo diliat bbrp taon terakhir ini banyak mobil2 yang mid motor. cuma lantaran it's a tamiya aja makanya orang langsung bikin heboh
dodo is offline  
Old 12-26-2005, 08:34 PM
  #58  
rvs
Tech Apprentice
 
Join Date: Feb 2004
Posts: 98
Default

Originally Posted by rvs
......
Lagian itu tempat center pulley kyknya terbatas.... bener nggak ? maksud gw ada penutupnya....
Ups salah... maksud gw spur gear... bukan center pulley..
rvs is offline  
Old 12-26-2005, 08:39 PM
  #59  
rvs
Tech Apprentice
 
Join Date: Feb 2004
Posts: 98
Default

Originally Posted by dodo
....
intinya, semua punya chance, cuma tinggal down to the driver aja. kalo gua juga disuru nyetir mobilnya hara tetep aja ga bisa menang rasanya
Bener gw setuju bos... intinya sich... be specialized aja....
soalnya kalo udah teerbiasa satu brand chassis, kalo mau pindah... kyknya learning curve-nya itu start dari 0 lagi.... (kyknya semua hal gitu yaa)..

Internal ratio cuma... yahh sekedar intermezzo aja..... hehehe
Kan ktnya ente2 mau ngejar posting..... yahhh buat topic lah apa aja seputar RC...

Yaa nggak...

enjoy RC
rvs is offline  
Old 12-26-2005, 08:41 PM
  #60  
Tech Elite
 
dodo's Avatar
 
Join Date: Mar 2005
Location: the archipelago
Posts: 3,095
Default

Originally Posted by rvs
Ups salah... maksud gw spur gear... bukan center pulley..
coba dicek ke manualnya deh, mungkin lebih jelas. center pulley nya ngga di 'pin' ke center shaft seperti pada umumnya, tapi di 'snap' ke spur gear holder. jadi kalo memang mau pake pulley lain, kemungkinan besar sekali harus modify spur gear holder juga dan modify center shaft nya juga. nanti jadi gak cost effective
dodo is offline  


Contact Us - Archive - Advertising - Cookie Policy - Privacy Statement - Terms of Service -

Copyright © 2024 MH Sub I, LLC dba Internet Brands. All rights reserved. Use of this site indicates your consent to the Terms of Use.