EP 1/10 Touring
#46
Originally Posted by Piyo Piyo
Emang diff joint paling bagus dari bahan Delrin yang putih. Tapi emang plastik Tamiya payah, cepet pecahnya.
Diff joint Yokomo plastik juga tapi ok kok. Kalo soal ring diff joint, malahan mobil gua gak pake, ribet soalnya.
Diff joint Yokomo plastik juga tapi ok kok. Kalo soal ring diff joint, malahan mobil gua gak pake, ribet soalnya.
#47
Originally Posted by dodo
gak mekar kalo lagi ngebut?
Lagian emang gadis desa, pake mekar segala...
#48
Tech Apprentice
Originally Posted by dodo
....
boleh jelasin dikit soal internal ratio? apa efeknya kalo makin kecil dan apa efeknya kalo makin gede. bukannya ini semua bisa dicompensate sama spur/pinion ratio ya, sori masih ga jelas soal ini.
boleh jelasin dikit soal internal ratio? apa efeknya kalo makin kecil dan apa efeknya kalo makin gede. bukannya ini semua bisa dicompensate sama spur/pinion ratio ya, sori masih ga jelas soal ini.
Gw sih org awam bos... nggak tau deh yg maniac2 di luar..
logikanya gini :
TA05 internal : 2.25, TA04 internal 2.133
pinion (AV) : 25T
spur (AV) : 70T
final drive ratio : TA05 : 6.3, TA04 : 5.97
skrg kalo gw mau samain final ratio TA05, maka TA04 gw turunin pinion jadi yg 24T (6.2) dan gedeein spur jd 71T (kalo ada AV spur).
Nah... berdasarkan yg gw baca di artikel RC dan dari pengalama dan kata org kalo pinion dikecilin dan spur digedein, maka makin efisien kerja motor dan batere... bener nggak tuh ????
Dalam kasus ini ada catatan yaitu : berat kedua sasis dan roll-out dianggap sama lho.
Gitu juga dalam pemilihan pinion pitch (32, AV, 48, 64)
#49
Originally Posted by rvs
Gw sih org awam bos... nggak tau deh yg maniac2 di luar..
logikanya gini :
TA05 internal : 2.25, TA04 internal 2.133
pinion (AV) : 25T
spur (AV) : 70T
final drive ratio : TA05 : 6.3, TA04 : 5.97
skrg kalo gw mau samain final ratio TA05, maka TA04 gw turunin pinion jadi yg 24T (6.2) dan gedeein spur jd 71T (kalo ada AV spur).
Nah... berdasarkan yg gw baca di artikel RC dan dari pengalama dan kata org kalo pinion dikecilin dan spur digedein, maka makin efisien kerja motor dan batere... bener nggak tuh ????
Dalam kasus ini ada catatan yaitu : berat kedua sasis dan roll-out dianggap sama lho.
Gitu juga dalam pemilihan pinion pitch (32, AV, 48, 64)
logikanya gini :
TA05 internal : 2.25, TA04 internal 2.133
pinion (AV) : 25T
spur (AV) : 70T
final drive ratio : TA05 : 6.3, TA04 : 5.97
skrg kalo gw mau samain final ratio TA05, maka TA04 gw turunin pinion jadi yg 24T (6.2) dan gedeein spur jd 71T (kalo ada AV spur).
Nah... berdasarkan yg gw baca di artikel RC dan dari pengalama dan kata org kalo pinion dikecilin dan spur digedein, maka makin efisien kerja motor dan batere... bener nggak tuh ????
Dalam kasus ini ada catatan yaitu : berat kedua sasis dan roll-out dianggap sama lho.
Gitu juga dalam pemilihan pinion pitch (32, AV, 48, 64)
kalo mau TA05 dengan internal ratio kecil coba beli mobil OVA aja. ini mobil hybrid. detailnya ga tau gimana kayanya websitenya jg ga jelas tapi mobil ini:
suspension geometry - pro4
drivetrain - ta05
internal ratio - yokomo BD
ya udah jangan dibahas disini, jadi off topic
#50
Tech Apprentice
Originally Posted by dodo
exactly yang gua pikir juga begitu. ngapain pusingin internal ratio kalo yang diitung terakhirnya juga overall ratio hehe.
.......
.......
Emang sih.... nggak perlu pusing, tp khan mikirin dikit boleh...
Masalahnya, gw bkn factory team driver sih.....
Jd gw kudu merawat semua alat-alat gw dgn baik... hehehehe....
#51
Tech Regular
Originally Posted by rvs
Kyknya perlu ditambah lagi,
..........Kyknya dibanding yang TA04, internal ratio makin besar.... udah gitu tempat spur dibatasin yaa space-nya... Kalo mnrt saya, ini kekurangan TA05 (any opinion... apa mungkin motor sekaran makin kenceng jadi intenal makin besar ? ).
Liat tuh Xray (bkn promosi)... internal ratio makin rendah... (sblmnya 2,175 jadi 1,75... kalo nggak salah..). Ini malah dari 2,133 (TA04) jadi 2,25 (TA05)
..........
..........Kyknya dibanding yang TA04, internal ratio makin besar.... udah gitu tempat spur dibatasin yaa space-nya... Kalo mnrt saya, ini kekurangan TA05 (any opinion... apa mungkin motor sekaran makin kenceng jadi intenal makin besar ? ).
Liat tuh Xray (bkn promosi)... internal ratio makin rendah... (sblmnya 2,175 jadi 1,75... kalo nggak salah..). Ini malah dari 2,133 (TA04) jadi 2,25 (TA05)
..........
gw pikir alasan bikin option low internal ratio (Xray 2.125 > 1,7)
> lebih kepada konsen cari LOW CG, diameter diff pully bisa lebih kecil (37T > 34T) so posisi diff+bearing lebih rendah pasti turun sekian mm...
dan dengan dengan ratio yang sama, pasti ukuran spurnya lebih gede,
gw pikir jika overall ratio k/l sesuai spek dinamo ya sama kencengnya seh,
#52
Originally Posted by rvs
Gw sih org awam bos... nggak tau deh yg maniac2 di luar..
logikanya gini :
TA05 internal : 2.25, TA04 internal 2.133
pinion (AV) : 25T
spur (AV) : 70T
final drive ratio : TA05 : 6.3, TA04 : 5.97
skrg kalo gw mau samain final ratio TA05, maka TA04 gw turunin pinion jadi yg 24T (6.2) dan gedeein spur jd 71T (kalo ada AV spur).
Nah... berdasarkan yg gw baca di artikel RC dan dari pengalama dan kata org kalo pinion dikecilin dan spur digedein, maka makin efisien kerja motor dan batere... bener nggak tuh ????
Dalam kasus ini ada catatan yaitu : berat kedua sasis dan roll-out dianggap sama lho.
Gitu juga dalam pemilihan pinion pitch (32, AV, 48, 64)
logikanya gini :
TA05 internal : 2.25, TA04 internal 2.133
pinion (AV) : 25T
spur (AV) : 70T
final drive ratio : TA05 : 6.3, TA04 : 5.97
skrg kalo gw mau samain final ratio TA05, maka TA04 gw turunin pinion jadi yg 24T (6.2) dan gedeein spur jd 71T (kalo ada AV spur).
Nah... berdasarkan yg gw baca di artikel RC dan dari pengalama dan kata org kalo pinion dikecilin dan spur digedein, maka makin efisien kerja motor dan batere... bener nggak tuh ????
Dalam kasus ini ada catatan yaitu : berat kedua sasis dan roll-out dianggap sama lho.
Gitu juga dalam pemilihan pinion pitch (32, AV, 48, 64)
Kalo final ratio tambah besar, berarti more torque, less rpm. Battere tambah irit, karena pas di straightnya gak di siksa batterenya. Current yg diambil segitu2 aja, gak nambah.
Kalo final ratio tambah kecil, less torque, more rpm. Battere otomatis tambah boros, karena max current yang keluar di straightnya tambah besar.
Kalo efisien di motor, tergantung sama layout tracknya dan jumlah wind/turn motor. Kalo tracknya high speed (straightnya panjang), mendingan kasih ratio kecil. Kasian kan motor kalo ngeden di straight dan akhirnya jadi gosong.
#53
Tech Regular
Originally Posted by dodo
yoi jeg, dan disini TA05 juga masih bisa nempel cyclone dengan ketat.
#54
Tech Elite
Originally Posted by Piyo Piyo
Diff joint Yokomo plastik juga tapi ok kok. Kalo soal ring diff joint, malahan mobil gua gak pake, ribet soalnya.
rajin latihan dan main. setting dia selalu coba... betul2 hebat... salut deh...
tapi untuk, ring di diff joint/out drive..gue sama sekali gak setuju!!!
sementara ini memang gak masalah. tapi nanti sekali waktu bagian itu bisa rontok.
maen disenayan, mungkin masih ok, karena tracknya rada licin (debu dan pasir - kotor jeg) ban masih ada spinnya.. coba di tempat yang hi grip...
#55
Tech Apprentice
Originally Posted by dodo
....
kalo mau TA05 dengan internal ratio kecil coba beli mobil OVA aja. ini mobil hybrid. detailnya ga tau gimana kayanya websitenya jg ga jelas tapi mobil ini:
suspension geometry - pro4
drivetrain - ta05
internal ratio - yokomo BD
ya udah jangan dibahas disini, jadi off topic
kalo mau TA05 dengan internal ratio kecil coba beli mobil OVA aja. ini mobil hybrid. detailnya ga tau gimana kayanya websitenya jg ga jelas tapi mobil ini:
suspension geometry - pro4
drivetrain - ta05
internal ratio - yokomo BD
ya udah jangan dibahas disini, jadi off topic
Nanti gw suruh temen coba pake diff pulley TA04 bisa apa nggak...
Lagian itu tempat center pulley kyknya terbatas.... bener nggak ? maksud gw ada penutupnya....
Trus yg mengejutkan .. belt depan & belakang panjangnya sama...
Kyknya ada teorinya deh.... nanti saya cariin... kalo pas ketemu...
#56
Originally Posted by rvs
Emang sih.... nggak perlu pusing, tp khan mikirin dikit boleh...
Masalahnya, gw bkn factory team driver sih.....
Jd gw kudu merawat semua alat-alat gw dgn baik... hehehehe....
Masalahnya, gw bkn factory team driver sih.....
Jd gw kudu merawat semua alat-alat gw dgn baik... hehehehe....
cyclone, menang JMRCA
msx, menang las vegas IIC
bd, runner up JMRCA, bisa menang kalo ga ujan
FT TC4, menang reedy race of champions
Xray T1FK05, menang apa ya ini, rasanya akhir2 ini ada satu juga tapi lupa apa.
Schumacher MI2, menang satu juga akhir2 ini, lupa juga apa.
intinya, semua punya chance, cuma tinggal down to the driver aja. kalo gua juga disuru nyetir mobilnya hara tetep aja ga bisa menang rasanya
#57
Originally Posted by rvs
Ohh... gw juga pernah ditawarin... Kalo di Jap sih, byk.. cuman nggak tau bagus apa nggak .......
Nanti gw suruh temen coba pake diff pulley TA04 bisa apa nggak...
Lagian itu tempat center pulley kyknya terbatas.... bener nggak ? maksud gw ada penutupnya....
Trus yg mengejutkan .. belt depan & belakang panjangnya sama...
Kyknya ada teorinya deh.... nanti saya cariin... kalo pas ketemu...
Nanti gw suruh temen coba pake diff pulley TA04 bisa apa nggak...
Lagian itu tempat center pulley kyknya terbatas.... bener nggak ? maksud gw ada penutupnya....
Trus yg mengejutkan .. belt depan & belakang panjangnya sama...
Kyknya ada teorinya deh.... nanti saya cariin... kalo pas ketemu...
#58
Tech Apprentice
Originally Posted by rvs
......
Lagian itu tempat center pulley kyknya terbatas.... bener nggak ? maksud gw ada penutupnya....
Lagian itu tempat center pulley kyknya terbatas.... bener nggak ? maksud gw ada penutupnya....
#59
Tech Apprentice
Originally Posted by dodo
....
intinya, semua punya chance, cuma tinggal down to the driver aja. kalo gua juga disuru nyetir mobilnya hara tetep aja ga bisa menang rasanya
intinya, semua punya chance, cuma tinggal down to the driver aja. kalo gua juga disuru nyetir mobilnya hara tetep aja ga bisa menang rasanya
soalnya kalo udah teerbiasa satu brand chassis, kalo mau pindah... kyknya learning curve-nya itu start dari 0 lagi.... (kyknya semua hal gitu yaa)..
Internal ratio cuma... yahh sekedar intermezzo aja..... hehehe
Kan ktnya ente2 mau ngejar posting..... yahhh buat topic lah apa aja seputar RC...
Yaa nggak...
enjoy RC
#60
Originally Posted by rvs
Ups salah... maksud gw spur gear... bukan center pulley..