Go Back  R/C Tech Forums > International Forums > Indonesia Racing
Tamiya Championship Series >

Tamiya Championship Series

Tamiya Championship Series

Old 02-14-2012, 06:53 AM
  #1  
Tech Elite
Thread Starter
 
t4m1y4niac's Avatar
 
Join Date: Feb 2006
Posts: 4,310
Default Tamiya Championship Series

REGULASI TAMIYA INDONESIA CHAMPIONSHIP SERIES 2012
M CHASSIS, STOCK TOURING (TT-01) Formula-1, FF dan GT Touring


Kalender Event Tamiya M Chassis, Stock Touring dan GT Touring 2008

Seri I : 04 Maret 2012 (sirkuit indoor carpet – To be advised)
Seri II : 15 April 2012 (sirkuit indoor carpet – To be advised)
Seri III : 29 April 2012 (sirkuit indoor carpet – To be advised)
Seri IV: 27 Mei 2012 (sirkuit indoor carpet – To be advised)

Pada setiap seri akan diadakan 5 kelas, yakni Tamiya M Chassis, Tamiya Stock Touring, Tamiya Formula-1, Tamiya FF dan Tamiya GT Touring

I ) Umum

Hanya spare parts dan hop-up parts Tamiya yang diperbolehkan.

Alat elektronik seperti: transmitter, receiver, servo dan batere diperboleh kan Non Tamiya. Namun untuk ESC yang diperbolehkan hanya Hobby Wing Justock untuk kelas Super Stock Touring (TT-01), Formula One, FF, dan M- Chassis.

Untuk kelas GT-Touring ESC Brushless bebas.

TIDAK diperbolehkan ada penambahan kapasitor untuk ESC Hobby Wing Justock selain yang disediakan dari box bawaan ESC). Untuk ketentuan mengenai motor akan dijelaskan pada masing-masing kelas.

Items yang disegel Panitia / Penyelenggara dengan security seal:

ESC (Electronic Speed Controller) Hobby Wing Justock

dan

Motor Hobby Wing

Security Seal yang diakui adalah yang dari TQ R/C and Hobbies atau dari Komite EP Nasional.

Semua item-item tersebut di atas, dapat dibeli secara terpisah dari Panitia dan akan disegel dengan security seal dari Panitia. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya peserta yang memodifikasi equipment tersebut yang dapat merugikan pemain lain.

Apabila ada peserta yang telah memiliki ESC Hobby Wing Justock namun tidak ada segel TQ R/C and Hobbies atau Komite EP Nasional, maka agar peserta tersebut dapat tetap mengikuti Tamiya Indonesia Championship Series 2012, panitia meminta agar ESC tersebut dibawa ke toko TQ R/C and Hobbies di FX Sudirman, Lt. F3 no. 8, Jl. Jend. Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta untuk diperiksa dan diberi segel, MINIMUM 1 minggu sebelum balap dan akan diserahkan kembali kepada driver pada hari H.

Apabila ada peserta yang telah memiliki motor Hobby Wing dikarenakan telah membeli motor handout dari Komite EP Nasional, maka dapat digunakan di even Tamiya Indonesia Cup Seri 2012.

Batere dibebaskan, baik stick pack ataupun saddle, Tamiya ataupun non Tamiya, NiCd dan NiMh (6cell) ataupun LiPo (2S) diperbolehkan.

Penyolderan kabel dari ESC ke motor secara langsung (tanpa konektor), DIPERBOLEHKAN untuk semua kelas.

Para drivers bertanggung jawab penuh atas keutuhan security seal pada item-item tersebut di atas. Apabila ada seal yang terbuka maka panitia berhak mendiskualifikasi hasil heat / final tersebut. Pihak panitia tidak akan menerima alasan apapun atas kerusakan security seal tersebut.

Penggunaan kapasitor, tambahan alat elektronik lain dan/ atau modifikasi apapun pada ESC Hobby Wing Justock, TIDAK diperbolehkan.

Handout motor akan dibagikan oleh panitia pada saat hari pertandingan dan HARUS dikembalikan ke Panitia pada saat event hari itu berakhir. Motor akan didata kembali oleh panitia, dan apabila ternyata ada handout motor yang tidak dikembalikan kepada panitia, maka peserta tersebut diharuskan membeli handout motor lagi pada seri berikutnya dan hasil perolehan poin akan dikurangi 10 poin.

Setelah seluruh seri tahun 2012 selesai, motor baru akan diserahkan kembali ke masing-masing pemain, KECUALI bila motor tersebut juga merupakan motor handout yang digunakan pada seri kejurnas, maka motor tersebut tetap diserahkan kepada Komite EP Nasional.

Semua body harus dicat. Body harus dipotong sesuai dengan garis aslinya. Pemberian lubang pada body selain daripada untuk roda, body post, antenna dan transponder tidak diperbolehkan.

Panitia berhak sewaktu-waktu melakukan scrut atas semua mobil peserta. Apabila perlu, panitia berhak membongkar mobil (chassis) dan bahkan berhak melakukan dyno / motor checker atas motor brushless. Apabila DICURIGAI ada kejanggalan, panitia berhak mendiskualifikasi driver tersebut untuk run yang sudah dijalankan dan pemain diharuskan membeli motor handout baru.

Panitia berhak melakukan diskualifikasi atas pelanggaran segala ketentuan regulasi ini. BAHKAN panitia dapat mengambil keputusan untuk mendiskualifikasi peserta atas seri tersebut (bukan keseluruhan seri), meskipun setelah final.

Panitia berhak merubah schedule pertandingan atau menghentikan pertandingan apabila dipandang perlu untuk alasan cuaca, keamanan atau alasan lainnya.

Format

Race akan diadakan dengan format 3 (tiga) Heat dan 3 (tiga) Final

Diambil 1 (satu) Heat terbaik (ONE BEST HEAT) untuk menentukan posisi Final; Apabila ada pemain yg memiliki hasil heat terbaik yang sama, maka akan dilihat hasil heat terbaik berikutnya di antara pemain tersebut, dst.

Diambil 2 (dua) Final terbaik (TWO BEST FINAL) untuk menentukan Juara; Hasil final terjelek akan dibuang dan tidak diperhitungkan sama sekali.

Sistem pengambilan 2 (dua) Final terbaik adalah dengan menghitung poin terlebih dahulu (posisi terbaik), kemudian apabila ada drivers yang memiliki poin yang sama, maka jumlah lap akan diperhitungkan dan seterusnya waktu dari 2 (dua) Final tersebut.

Setiap peserta akan mendapatkan poin dari hasil seri, yang mana poin ini akhirnya akan diperhitungkan (ditotal) untuk menentukan peserta dengan hasil total poin tertinggi dari masing-masing kelas.

Pengumpulan poin Tamiya Indonesia Championship Series 2012 akan dihitung dari total 3 event terbaik yang diikuti peserta tersebut dari keseluruhan 4 event (3 best out of 4 result). Contoh: poin yg diambil dari Seri I – II – IV atau I – III – IV atau II – III – IV.

NAMUN agar poin keseluruhan dapat dihitung, maka pemain HARUS mengikuti seri IV (seri penutupan) DAN poin dari seri IV harus dipakai. Apabila ada pemain yang memiliki poin tertinggi dari seri I - III, namun tidak mengikuti seri IV, maka poin-poin sebelumnya dianggap hangus.

Apabila ada drivers dengan poin yang sama setelah diambil 3 best out of 4 result series, maka harus diambil dari KESELURUHAN seri I – IV dari drivers tersebut untuk menentukan Juara Tamiya Indonesia Championship untuk kelas tersebut.

Untuk Tamiya Indonesia Championship Series 2012, TQ R/C and Hobbies diberi jatah oleh Tamiya Asia sebanyak 4 driver per kelas (total 20 drivers). Oleh karena itu, khusus untuk Tamiya Indonesia Championship Series 2012, TQ R/C and Hobbies akan memberikan:

Juara I seri 2012 untuk masing-masing Stock Touring, M Chassis, Formula 1, FF dan GT tiket dan akomodasi hotel selama event Tamiya Asia Cup 2012, yang sedianya diadakan di Korea Selatan; (NOTE: panitia tidak bertanggung jawab apabila ada perubahan tempat penyelenggaraan Tamiya Asia Cup 2012, karena penentuannya langsung dilakukan oleh Tamiya Japan).

Juara II seri 2012 untuk masing-masing Stock Touring, M Chassis, Formula 1, FF dan GT mendapatkan akomodasi hotel saja (tiket pesawat ditanggung masing-masing driver) untuk diberangkatkan ke event Tamiya Asia Cup 2012. (Note: penyelenggara berhak mengatur akomodasi para Juara II, oleh karenanya, apabila ada anggota keluarga dari Juara II yang ikut menghadiri event, maka anggota keluarga tersebut harus membayar akomodasinya sendiri dan tidak dapat digabungkan dengan akomodasi Juara II);

Juara III & IV seri 2011 untuk masing-masing Stock Touring, M Chassis, Formula 1, FF dan GT hanya mendapatkan jatah keberangkatan ke event Tamiya Asia Cup 2012, namun tiket dan akomodasi ditanggung masing-masing driver;

Apabila ada perserta tersebut berhalangan, maka tidak dapat digantikan dengan peserta dengan poin terbanyak berikutnya.

Hadiah tiket dan/atau hotel tersebut tidak dapat diuangkan.

Pengaturan kamar (room sharing) antar driver adalah sepenuhnya hak panitia.


Peraturan specific M Chassis

Berat minimum M Chassis termasuk transponder adalah 1230 gram

Hanya chassis M03, M04, M05 dan M06 (termasuk M03M, M03L, M04, M05Pro, M05 Silver Edition, M05 Silver Limited, M06Pro) yang diperbolehkan;

TIDAK diperbolehkan mengganti internal gear ratio dengan cara apapun. Semua gear harus standard.

Motor untuk kelas M-Chassis adalah Hobby Wing 17.5T.

ESC untuk kelas M-Chassis yang diperbolehkan adalah Hobby Wing Justock

Penggunaan wing tambahan pada M Chassis TIDAK diperbolehkan

Seluruh body M Chassis (merk Tamiya) dapat dipergunakan;

Hanya body Tamiya M Chassis yang diperbolehkan. Merk lain tidak diperbolehkan untuk kelas M Chassis.

Penggunaan turnbuckle pada upper arm M Chassis DIPERBOLEHKAN.

Hanya ban ukuran 60D merk TAMIYA atau yang lebih kecil yang diperbolehkan untuk kelas M-chassis. Contoh: BMW Roadster (M-04L) hanya diperbolehkan menggunakan ban ukuran 60D, ban ukuran 26mm tidak diperbolehkan.

Ban touring 24mm tidak diperbolehkan untuk kelas M Chassis.

Ban busa tidak diperbolehkan

Modifikasi chassis dengan tujuan meringankan asal tidak untuk mengubah konstruksi chassis (contoh: merubah posisi batere, suspensi, dsb.), meskipun tidak disarankan, DIPERBOLEHKAN, dengan catatan total berat chassis siap balap seperti peraturan di atas.

Penggantian spur gear sama sekali TIDAK DIPERBOLEHKAN.

Maksimum ukuran gear yang diperbolehkan untuk M-chassis adalah 20T


Peraturan specific Stock Touring (TT01)

Dalam kelas Stock Touring, hanya chassis TT01 (chassis TT01E, TT01 Drift diperbolehkan) yang diperbolehkan. Chassis TA ataupun TL tidak diperbolehkan.

Berat minimum TT-01 berikut transponder adalah 1480 gram (dalam keadaan siap jalan, termasuk batere, motor, dan elektronik).

TIDAK diperbolehkan mengganti internal gear ratio dengan cara apapun. Semua gear harus standard.

Motor untuk kelas Stock Touring adalah Hobby Wing 17.5T.

ESC untuk kelas Stock Touring yang diperbolehkan adalah Hobby Wing Justock

Untuk kelas Stock Touring, chassis TT-01 diperbolehkan menggunakan semua Option yang ada di pasar, merk Tamiya yang dikhususkan untuk chassis tersebut.

Body khusus untuk TT-01, HARUS memakai body merk Tamiya. Harus tetap body sedan yang ada di pasaran. Tamiya Subaru Legacy TIDAK diperbolehkan.

Khusus untuk TT-01, diperbolehkan menggunakan ban karet merk lain dengan lebar minimum 24mm. Ban busa TIDAK diperbolehkan.

Untuk chassis TT-01 TIDAK boleh dilubangi ataupun dimodifikasi dalam bentuk apapun dari bentuk aslinya.

Modifikasi chassis yang dapat merubah struktur, sehingga tidak menyerupai chassis TT-01 lagi (contoh: dengan mengganti beberapa bagian dengan graphite, atau bahan lainnya, dsb.) TIDAK diperbolehkan.

Rasio gear maximum untuk kelas Stock Touring adalah 5.72 (spur 55T, pinion 25T).


Peraturan specific GT Touring

Dalam kelas GT Touring, hanya chassis TA-01 sampai TA-06 atau TB-01 sampai TB-03 (namun hanya chassis jenis bath tub atau jenis tube yang diperbolehkan; chassis jenis woven graphite TIDAK DIPERBOLEHKAN). Contoh: TA-05MS TIDAK DIPERBOLEHKAN.

Berat minimum adalah 1510 gram (dalam keadaan siap jalan, termasuk batere, motor, dan elektronik).

Motor untuk kelas GT adalah Hobby Wing 13.5T

ESC untuk kelas GT Touring adalah Brushless segala merk.

Body HARUS memakai body merk Tamiya. Harus tetap body sedan yang ada di pasaran. Body Tamiya Subaru Legacy TIDAK diperbolehkan.

Diperbolehkan menggunakan ban karet merk lain dengan lebar minimum 24mm. Ban busa TIDAK diperbolehkan.

Segala merk ESC Brushless yang ada di pasaran dapat digunakan untuk kelas GT Touring. Pemasangan capacitor tambahan atau dioda diperbolehkan.

Modifikasi chassis yang dapat merubah struktur, sehingga tidak menyerupai chassis aslinya lagi TIDAK diperbolehkan.

Rasio Gear untuk kelas GT: Bebas


Peraturan specific Formula 1

Dalam kelas Formula 1, hanya chassis F104 (termasuk F104 Pro, F104W, F104X) yang diperbolehkan;

Berat minimum 1180 gram.

Motor untuk kelas Formula 1 adalah Hobby Wing 13.5T.

ESC untuk kelas Formula 1 yang diperbolehkan adalah Hobby Wing Justock

Untuk kelas Formula 1 diperbolehkan menggunakan semua Option yang ada di pasar, merk Tamiya yang dikhususkan untuk chassis tersebut.

Body HARUS memakai body merk Tamiya. Harus tetap body Formula 1 yang ada di pasaran. Body Lola TIDAK DIPERBOLEHKAN.

HANYA ban karet merk Tamiya yang diperbolehkan. Ban merk lain tidak diperbolehkan.

Modifikasi chassis yang dapat merubah struktur, sehingga tidak menyerupai chassis aslinya lagi TIDAK diperbolehkan.

Rasio Gear untuk kelas Formula 1: Bebas

Peraturan specific FF

Dalam kelas FF, hanya chassis FF-03 (FF03 ataupun FF03 Pro) yang diperbolehkan.

Berat minimum FF berikut transponder adalah 1400 gram (dalam keadaan siap jalan, termasuk batere, motor, dan elektronik).

TIDAK diperbolehkan mengganti internal gear ratio dengan cara apapun.

Motor untuk kelas FF adalah Hobby Wing 13.5T.

ESC untuk kelas Stock FF yang diperbolehkan adalah Hobby Wing Justock

Untuk kelas FF diperbolehkan menggunakan semua Option yang ada di pasar, merk Tamiya yang dikhususkan untuk chassis tersebut.

Penggunaan chassis woven carbon graphite non Tamiya TIDAK diperbolehkan

Body khusus untuk FF, HARUS memakai body merk Tamiya. Harus tetap body sedan/hatchback non super car yang ada di pasaran. Tamiya Subaru Legacy TIDAK diperbolehkan.

Khusus untuk FF, diperbolehkan menggunakan ban karet merk lain dengan lebar minimum 24mm. Ban busa TIDAK diperbolehkan.

Untuk chassis FF TIDAK boleh dilubangi ataupun dimodifikasi dalam bentuk apapun dari bentuk aslinya.

Modifikasi chassis yang dapat merubah struktur, sehingga tidak menyerupai chassis FF lagi (contoh: dengan mengganti beberapa bagian dengan graphite, atau bahan lainnya, dsb.) TIDAK diperbolehkan.

Final Drive Rasio maximum yang diperbolehkan untuk kelas FF adalah: 4.6 (artinya 4.59 dan ke bawah tidak diperbolehkan)

Pendaftaran

Pendaftaran untuk setiap seri harus diserahkan kepada penyelenggara: TQ R/C and Hobbies, FX Sudirman, Lt. F3 no. 8, Jl. Jend. Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta, paling lambat 04 (empat) hari sebelum seri tersebut dimulai. Contoh: Untuk seri 1, pendaftaran paling lambat sudah harus diterima oleh penyelenggara tanggal 01 Maret 2012 jam 20:00, dan untuk seri 2, pendaftaran paling lambat sudah harus diterima oleh penyelenggara tanggal 12 April 2012, dst.

Discount uang pendaftaran sebesar Rp. 25,000 (Dua puluh lima ribu rupiah) akan diberikan kepada para peserta yang mendaftarkan diri sebelum tenggat waktu, seperti di atas.

Biaya pendaftaran untuk setiap seri, baik M Chassis, Stock Touring, Formula 1, FF dan GT Touring adalah Rp. 200,000 (Dua ratus ribu rupiah) untuk setiap kelasnya (belum termasuk motor handout ataupun ESC. Motor dan ESC dapat dibeli secara terpisah.

Lain-lain

Apabila ada hal-hal yang belum tertuang dalam regulasi ini, maka pihak panitia berhak menentukan / mengambil keputusan pada saat event tersebut.

Panitia berhak memodifikasi ataupun mengambil keputusan di tempat apabila dipandang perlu;

Keputusan dari panitia adalah final.

Apabila ada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan race untuk dilanjutkan (contoh: faktor cuaca), maka penyelenggara berhak memberhentikan race dan menentukan posisi pemenang berdasarkan hasil yang telah ada, baik dari kualifikasi ataupun dari final yang telah dilaksanakan secara sewajarnya dan yang dianggap paling fair oleh panitia.













FORMULIR PENDAFTARAN

TAMIYA INDONESIA CHAMPIONSHIP 2012
TAMIYA M CHASSIS, STOCK TOURING, FORMULA 1, FF dan GT Touring




Nama :

Personal Transponder :

Kelas yang diikuti

M Chassis - Jenis chassis:
Stock Touring - Jenis chassis:
GT Touring - Jenis chassis:
Formula 1 - Jenis chassis:
FF - Jenis chassis:


Frekuensi

Frekuensi 1 :
Frekuensi 2 :

Transponder :
t4m1y4niac is offline  
Old 02-14-2012, 07:05 AM
  #2  
Tech Elite
Thread Starter
 
t4m1y4niac's Avatar
 
Join Date: Feb 2006
Posts: 4,310
Default

guys diatas tadi regulasi yang akan digunakan untuk kompetisi Tamiya Championship Series 2012 yang diselenggarakan oleh pak Imam Liyanto dari TQ Racing. kiranya teman teman bisa ikut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.
terima kasih
t4m1y4niac is offline  
Old 02-15-2012, 08:07 AM
  #3  
Tech Rookie
 
Join Date: Aug 2010
Posts: 7
Default

Originally Posted by t4m1y4niac
guys diatas tadi regulasi yang akan digunakan untuk kompetisi Tamiya Championship Series 2012 yang diselenggarakan oleh pak Imam Liyanto dari TQ Racing. kiranya teman teman bisa ikut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.
terima kasih
Ikut ^^
Hidetaki is offline  
Old 04-13-2012, 07:40 PM
  #4  
Tech Rookie
 
kishin's Avatar
 
Join Date: Apr 2012
Location: Jakarta
Posts: 8
Default

berarti besok ada nih 15 april? kok masih to be advice?
kishin is offline  
Old 05-25-2012, 12:38 AM
  #5  
Tech Regular
 
EvilDriver's Avatar
 
Join Date: Feb 2004
Location: Indonesia
Posts: 356
Default

ikut....
EvilDriver is offline  

Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are Off


Thread Tools
Search this Thread

Contact Us - Archive - Advertising - Cookie Policy - Privacy Statement - Terms of Service -

Copyright © 2024 MH Sub I, LLC dba Internet Brands. All rights reserved. Use of this site indicates your consent to the Terms of Use.